Komisi I DPRD Bone Bolango Dorong Ranperda Lembaga Adat

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bone Bolango, Faisal Mohi mengadakan pertemuan bersama sejumlah wakil rakyat.(F. ISTIMEWA)
ⓘ Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bone Bolango, Faisal Mohi mengadakan pertemuan bersama sejumlah wakil rakyat.(F. ISTIMEWA)

viralnews.id (LEGISLATOR) – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bone Bolango, Faisal Mohi mendorong lahirnya Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Lembaga Adat.

Menyusul rancangan produk hukum ini telah masuk program legislasi daerah (Prolegda) tahun 2020.

“Kabupaten Bone Bolango sangat kental dengan daerah adat. Sayang, untuk payung hukumnya belum ada dalam bentuk Perda. Untuk itu, tahun ini diharapkan sudah tuntas agar segera dijalankan,” harapnya.

Melalui Perda ini lanjut Faisal, akan mampu memperkuat peran lembaga adat di daerah. Bahkan bisa menciptakan tatanan masyarakat yang harmonis bersama pemimpin dengan merujuk pada ketentuan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Ia mencontohkan, jika ada satu hal diperaturan legal seperti KUHP tidak diatur, tapi dalam adat melanggar, maka peran lembaga adat hadir sebagai solusi penyelesaian.

Sehingga ketika ada pejabat melakukan pelanggaran terhadap adat istiadat dan norma, maka bisa lewat lembaga adat untuk rekomendasi berupa sanksi.

“Kendati begitu, peran lembaga adat tidak serta merta diberi kewenangan penuh untuk eksekusi. Hanya saja, posisinya sebatas memberikan kewenangan untuk pertimbangan saja. Sementara soal eksekusinya tetap merujuk pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” bebernya.(net)

Tutup