Gorut Ambil Bagian pada Rakernis KKP di Palembang

Wabup Gorut, Thariq Modanggu mewakili bupati menghadiri Rakernis bidang perikanan budidaya diselenggarakan Kementerian Keluatan dan Perikanan (KKP) di Palembang.(F.ISTIMEWA)
ⓘ Wabup Gorut, Thariq Modanggu mewakili bupati menghadiri Rakernis bidang perikanan budidaya diselenggarakan Kementerian Keluatan dan Perikanan (KKP) di Palembang.(F.ISTIMEWA)

viralnews.id (GORUT) – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) turut ambil bagian dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Perikanan Budidaya diselenggarakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Palembang akhir Januari 2020.

Menurut Wakil Bupati (Wabup) Gorut, Thariq Modanggu mengaskan, Rakernis dimaksud banyak memberikan dampak positif bagi daerah dan masyarakat Gorut.

Terutama kalangan nelayan dalam mengelola potensi perikanan tangkap dan keluatan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kami yakin ini akan memberi dampak besar bagi pendapatan masyarakat di Gorut. Apalagi, kita memiliki potensi perikanan yang besar dan prospektif,” kata Wabup Thariq.

Lanjutnya mengatakan, sebagai bentuk respon atas peluang itu, pihaknya akan membahas bersama lintas OPD guna mendapatkan langkah strategi dan mensinergikan program daerah dan pemerintah pusat khususnya bersama KKP.

Sementara itu, kegiatan Rakernis tersebut dibuka Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo di Hotel Aryaduta, Palembang.

Dalam arahannya, Edhy menyampaikan agar Rakernis dapat menghasilkan langkah konkret untuk memajukkan pembangunan sub sektor perikanan budidaya sampai ke tingkat kabupaten/kota.

Demikian halnya Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Arifin Rudiyanto mengatakan pada tahun 2020 ini, pihaknya lebih memperkuat tata kelola kemaritiman, penyederhanaan perizinan, jaminan mutu, perlindungan nelayan, dan membuka pangsa pasar yang luas.

Ia pun berharap agar daerah bisa menetapkan fokus kawasan perikanan budidaya berdasarkan data dan hasil kajian yang tepat untuk diajukan ke pusat. (hm)

Tutup