Gencarkan Sosialisai Perda Pengarusutamaan Gender

Sekda Bone Bolango, Ishak Ntoma membuka kegiatan sosialisasi Perda Nomor 8 tahun 2019 tentang Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Boalemo, Senin (17/2/2020).(F.ISTIMEWA)
ⓘ Sekda Bone Bolango, Ishak Ntoma membuka kegiatan sosialisasi Perda Nomor 8 tahun 2019 tentang Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Boalemo, Senin (17/2/2020).(F.ISTIMEWA)

viralnews.id (BONEBOL) – Pemkab Bone Bolango melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) kian menggencarkan sosialisasi tentang Pengarusutamaan Gender bertempat di Desa Toto Selatan, Kabila, Senin (17/2/2020).

Sosialisasi dibuka Sekda Bone Bolango, Ishak Ntoma yang dihadiri sejumlah pimpinan OPD dan Camat, pemerintah desa dan kelurahan, lembaga masyarakat, dunia usaha, serta narasumber dan juga Dinsos PPPA Provinsi Gorontalo.

“Daerah yang berpihak pada pengarusutamaan gender harus dimulai sejak dini dan harus ditangani bersama-sama. Harus lebih komprehensif, terintegrasi, menyeluruh, bersatu dan berkesinambungan,” ucap Sekda Ishak Ntoma seraya menambahkan untuk implementasi kegiatan harus merata di seluruh kecamatan dan desa.

Sementara itu, Kepala DP2KBP3A Bone Bolango, Meri S. Ngadju menjelaskan, tujuan sosialisasi pengarusutamaan gender sebagaimana dalam Perda Kabupaten Bone Bolango Nomor 8 tahun 2019 diharapkan mendapat peran aktif seluruh perangkat daerah.

Terutama mengenali isu-isu gender dan upaya penanganan kesetaraannya. Langkah itu katanya menambahkan, dapat ditempuh mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penganggaran, monitoring dan evaluasi serta upaya kesenjangan gender agar dapat terwujud kesetaraan dan keadilan kaum gender.(hum)

Tutup