Luar Biasa, Pemprov Gorontalo Luncurkan CoE 2020 di Makassar

Suasana peluncuran Calendar of Event (CoE) tahun 2020 oleh Pemprov Gorontalo bertempat di Ballroom Hotel Gammara Kota Makassar, Jumat (21/2/2020).(F. ISTIMEWA)
ⓘ Suasana peluncuran Calendar of Event (CoE) tahun 2020 oleh Pemprov Gorontalo bertempat di Ballroom Hotel Gammara Kota Makassar, Jumat (21/2/2020).(F. ISTIMEWA)

viralnews.id (MAKASSAR) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo baru saja meluncurkan Calendar of Event (CoE) tahun 2020.

Peluncuran event tahunan oleh Dinas Pariwisata dilangsungkan di Ballroom Hotel Gammara Makassar pada Jumat (21/02/2020).

Hadir pada kesempatan itu, Staf Ahli Menteri Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kemenparekraf RI Ari Juliano Gema, Bupati dan Walikota se Provinsi Gorontalo, ASITA dan lembaga Perbankan.

Rifli Katili selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo menyebut sebanyak 172 event direncanakan akan dihelat selama setahun penuh.

“Rinciannya 54 event di Kabupaten Bone Bolango, 45 event di Kabupaten Gorontalo, 4 di Kota Gorontalo, 11 di Kabupaten Pohuwato, 5 event di Kabupaten Boalemo serta 7 event di Kabupaten Gorontalo Utara,” ujarnya.

Lanjutnya mengatakan, 2 dari 172 event tersebut masuk dalam kalender pariwisata nasional. Masing-masing Festival Karawo dan Festival Pesona Saronde di Kabupaten Gorontalo Utara.

Demikian halnya, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Gorontalo Syukri Botutihe mewakili Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyampaikan, pembangunan pariwisata tidak bisa difokuskan hanya pada satu daerah saja.

Menurutnya pemerintah telah mengambil langkah tepat dengan mempromosikan wisata di Sulawesi. “Jangan yang dipromosikan hanya Gorontalo saja. Harus juga daerah lainnya yang ada di Sulawesi. Misalnya Sulawesi Selatan atau Sulawesi Utara, karena dua daerah itu adalah pintu masuknya,” tutur Syukri.

Peluncuran CoE dilanjutkan dengan Touring Jelajah Wisata Sulawesi (JWS) 2020 pada Sabtu (22/02/2020). Touring JWS mengambil start di Kota Makassar dan berakhir di Kota Manado, Sulawesi Utara. (hum)

Tutup