Komoditi Kelapa Makin Cerah, Petani Bisa Diuntungkan

Bupati Kabgor, Nelson Pomalingo mengusulkan gerakan revitaliasi kelapa nasional pada pelaksanaan FGD bersama Kementerian Pertanian, Rabu (19/2/2020).(F. ISTIMEWA)
ⓘ Bupati Kabgor, Nelson Pomalingo mengusulkan gerakan revitaliasi kelapa nasional pada pelaksanaan FGD bersama Kementerian Pertanian, Rabu (19/2/2020).(F. ISTIMEWA)

viralnews.id (KABGOR) – Kabar gembira bagi masyarakat petani kelapa di Gorontalo. Di mana, pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) telah menunjuk wilayah Gorontalo menjadi pusat produksi kelapa nasional.

Itu mencuat pada rangkaian pembahasan FGD (Fokus Grup Diskusi) Akselerasi Gerakan Peningkatan Produksi Nilai Tambah dan Daya Saing (Grasida) bertempat di Hotel Grand-Q Kota Gorontalo, Rabu (19/2/2020).

Menurut penuturan tim ahli Perkebunan Kementan RI, Agus Wahyudi diselas-sela itu bahwa Gorontalo sengaja dipilih karena merupakan kawasan potensi kelapa cukup besar di Indonesia.

Karena itu, perlunya untuk melakukan perbaikan dari segi produksi, perhatian dari kawasan hulu dan hilir serta pemasaran. Disamping itu, FGD juga membahas langkah pengembangan melalui kemitraan antara produsen dan petani kelapa. Nantinya, kelompok petani akan ada brigade panen.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Gorontalo, Prof Dr. Ir. Nelson Pomalingo MPd yang juga Ketua Koalisi Pemerintah Daerah Penghasil Kelapa (Kopek) Indonesia mengaku bangga dan memberikan penghargaan tinggi atas kepercayaan diberikan selama ini.

Pasalnya, komoditi kelapa merupakan produksi cukup besar di Provinsi Gorontalo dan menjadi komoditi perkebunan tengah dikelola rakyat.

“Saya berharap perhatian dan penanganan komoditi kelapa di Gorontalo semakin baik dan serius,” tutur Nelson Pomalingo.

Tak ketinggalan, Bupati Kabgor ikut mengusulkan gerakan revitalisasi kelapa nasional. Serta pengembangan industri kelapa terpadu.

Di mana, tidak sekedar fokus mengelola kelapa untuk bahan minyak, namun juga, produksi lain untuk kesejahteraan petani. Sekaligus menjamin stabilitas harga di pasaran. (hum)

Tutup