Sejumlah Aparat & Puluhan Warga Desa Gudang Menyerang Blok Sampala

C

Sumedang, Viralnews.id.

Pagi itu kamis, (13/9/2018) kisaran pukul 07.00 WIB, beberapa orang aparatur Desa Gudang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang bersama puluhan warga nampak berkerumun dengan membawa perkakas tajam dari mulai pacul, arit, parang, dan perkakas lainnya.

Hal ini tidak lain untuk melakukan sebuah aksi. Selidik punya selidik rupanya aksi ini merupakan bagian dari program kegiatan yang telah di rencanakan dalam agenda kegiatan Desa Gudang yakni Pembersihan dan Pemeliharaan Jalan Usaha Tani yang di alokasikan dari Padat Karya Tunai di Desa (PKTD) dengan sumber anggaran Dana Desa(DD)

Pantauan wartawan dilapangan, sepanjang 800 meter jalan di areal blok Sampalan ini dikerjakan dalam waktu sehari oleh sekitar 130 orang warga Desa Gudang.

Kepada Viralnews.id Kepala Desa Gudang, Hj. Enan Asmanah mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan program arahan dari presiden, untuk dilaksanakan oleh seluruh desa di Indonesia.

“Kami sudah merencanakan kegiatan PKTD ini sejak lama, apalagi ini arahan presiden, sepertinya di kecamatan Tanjungsari baru Desa Gudang yang lebih awal melaksanakannya”, tutur Bu Kades Enan.

Lebih lanjut Hj. Enan menjelaskan, program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) ini diperuntukan guna pemberdayaan masyarakat khususnya yang miskin dan marginal serta bersifat produktif.

Menurutnya, dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya tenaga kerja, dan teknologi lokal dapat memberikan tambahan upah/pendapatan.

“Mereka, warga yang ikut bekerja dalam kegiatan ini dibayar upahnya secara langsung, dan kami sudah alokasikan anggarannya 30% dari nilai Dana Desa (DD) yang di terima, dan itu disesuaikan kondisi”, jelas Bu Kades Enan menutup pembicaraan. * Oferd

Categories: desa,pemerintah

Leave A Reply

Your email address will not be published.