Menikmati Kuliner Khas Negeri Laskar Pelangi Tak Harus ke Belitung, di Bandung Ada Warung Mak Queen

C

Belitung tidak hanya terkenal dengan keindahan pantainya, tapi juga ragam kulinernya yang nikmat dan sarat rempah-rempah. Untuk bisa menikmati kuliner khas negeri Laskar Pelangi ini tidak perlu jauh-jauh mendatangi pulaunya, di kota Bandung ada jajanan kaki lima yang menawarkan menu khas pulau yang dulu terkenal dengan hasil timahnya ini.

Warung Mak Queen, tepatnya berada di samping Masjid Pusdai Jabar atau tidak jauh dari Pasar Cihaurgeulis. Tempat makannya memang hanya berupa tenda yang buka mulai pagi hingga siang hari atau kalau dagangan sudah habis. Di lapak Mak Queen ini, ditawarkan menu khas Belitung dan beberapa menu dari beberapa daerah di Indonesia.

Salah satu menu yang bisa dicoba adalah soto lontong Belitung. Sajian ini terdiri dari lontong atau kupat yang dipotong segi empat , telur rebus, soun, potongan wortel, dan potongan kentang yang disiram kuah kuning. Kuahnya tidak encer tapi juga tidak kental. Sebelum disajikan, ditaburi dengan daun seledri. Untuk teman menyantap hidangan seharga Rp 13 ribu per porsinya ini cukup dengan kerupuk. Bagi penyuka pedas, tambahan sambal akan menambah nikmat menu yanh bisa dinikmati pada hari Senin-Kamis, dan Sabtu ini.

Selain soto lontong Belitung, pengunjung bisa menikmati Mi Belitung yang kesohor di tempat asalnya. Mi yang disiram kuah kental udang ini termasuk salah satu menu yang diminati pengunjung. (tif)

Categories: kuliner

Leave A Reply

Your email address will not be published.