Camat Cicalengka Saksikan Pawai Obor Tahun Baru di Desa Babakan Peuteuy

C

Bandung, Viralnews.id. Selamat datang tahun baru islam 1440 Hijriyah, Allohu Akbar, Allohu Akbar. Begitulah gema takbir dan lantunan ayat Al-quran bergema mengiringi pawai obor di Desa Babakan Peuteuy Kecamatan Cicalengka.

Ribuan masyarakat desa Babakan Peuteuy berpawai ke jalan sambil membawa obor dalam rangka memperingati Tahun Baru umat muslim, 1440 hijriyah, Senin (10/9/2018).

Pawai dibuka dan disaksikan langsung oleh Camat Cicalengka H.Entang Kurnia S.E yang ikut berpartisipasi aktif mendukung kegiatan keagamaan. “Pawai obor adalah salah satu cara untuk meningkatkan silaturahmi antar warga muslim, ini tradisi yang baik dan perlu dipelihara setiap tahunnya,”ungkap.

Ketua PHBI Desa Babakan Peuteuy Cicalengka Acep Ana, mengatakan, kegiatan pawai obor ini diikuti oleh sekitar 2000 warga desa Babakan Peuteuy. Rute yang diambil star dari kantor desa mengelilingi jalan desa dan jalan raya cicalengka.

“Rute pawai yang diambil sejauh 5 kilometer, dengan jumlah peserta pawai sebanyak 2000 orang, baik tua maupum muda,” ungkap Acep.

Pawai dalam rangka memperingati tahun baru islam ini setiap tahun selalu di gebyarkan. Dan sudah menjadi tradisi yang membudaya di masyarakat desa.

“Babakan peuteuy, salah satu desa religius yang selalu antusias dalam perayaan menyambut tahun baru islam, 1 muharram 1440 hijriyah,” ungkapnya.

Pawai obor menandakan bahwa ada sebuah niat yang baik untuk merubah kehidupan yang lebih baik lagi kedepannya. Obor adalah cahaya, yang memberikan penerangan dalam gelap.

“Dengan obor yang menimbulkan cahaya terang, kita tingkatkan syiar islam untuk menyongsong hidup lebih baik di tahun 1440 hijriyah,” bebernya.

Kepala Desa Babakan Peuteuy Abdul Rohim S.PD.I mengatakan, momentum pergantian tahun islam adalah momentum untuk berhijrah.

“Pergantian tahun baru islam adalah momentum untuk berhijrah, dalam arti tahun kemarin kita tutup dan merangkai kembali kehidupan yang lebih baik untuk tahun selanjutnya,” katanya.

Antusiasme masyarakat pun nampak terlihiat jelas, alun-alun cicalengka menjadi lautan manusia yang membawa cahaya obor. **(Jafar)

Categories: agama,desa,pemerintah

Leave A Reply

Your email address will not be published.