6 Cara Jitu Melindungi Buah Hati dari Ketagihan Junk Food

C

Membuat anak-anak untuk tidak tertarik dengan junk food memang tugas yang berat. Junk food dengan promosi iklan yang agresif kerap membuat anak-anak selalu tertarik. Namun, menanamkan kebiasaan makan makanan yang sehat menjadi tanggung jawab setiap orangtua agar anak-anak terjaga kesehatannya.

Seperti dikutip dari situs Magforwomen, Kamis (3/11/2016) berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi buah hati dari kecanduan junk food.

1. Hindari junk food di dalam rumah

Anda dapat membatasi asupan junk food dengan tidak membawa apapun ke dalam rumah. Jika Anda berhenti mengisi kulkas dan lemari makan dengan makanan yang tidak sehat, otomatis anak-anak tidak akan menyantapnya. Mereka akan menyantap apapun yang tersedia di rumah.

2. Berhenti memberikan anak hadiah dengan junk food

Kebanyakan orang tua menghargai prestasi yang diraih oleh anak-anak mereka dengan junk food.Bahkan disaat anak-anak menolak makan makanan yang bergizi, junk food kerap menjadi pilihan kedua. Ini merupakan metode yang salah. Hindari menggunakan junk food sebagai alat tawar-menawar. Itu hanya akan membuat anak-anak semakin tertarik dengan junk food.

3. Siapkan makanan ringan yang sehat 

Dengan menyiapkan makanan ringan yang sehat, Anda dapat membantu anak-anak menyukai segala sesuatu yang sehat. Anda dapat menempatkan camilan sehat di lemari es atau lemari agar anak-anak dapat menyantapnya di kala lapar.

4. Masak makanan yang lezat di rumah

Dengan menyajikan masakan rumah yang lezat di rumah, Anda dapat menghentikan kebiasaan anak-anak jajan di luar. Perhatikan bahan-bahan masakan yang Anda pilih, gunakan tepung terigu bukan tepung putih untuk membuat pizza, atau gunakan roti gandum saat menyajikan burger. Diharapkan anak-anak terbiasa menyantap semua jenis makanan yang sehat.

5. Ikuti apa yang Anda nasihati

Jika Anda ingin anak Anda untuk menghindari junk food, Anda harus menjadi contoh bagi mereka. Anak-anak akan meniru orang tua mereka, jika Anda menikmati kebiasaan makan yang sehat, anak-anak Anda secara otomatis akan mengikuti Anda.

6. Jangan sepenuhnya menghindari makanan junk food

Benar-benar melarang dengan keras mengonsumsi junk food adalah bukan ide yang baik. Hal ini akan membuat junk food semakin menarik bagi anak-anak. Biarkan anak-anak Anda sesekali menyantapnya, tapi pastikan mereka tidak mengkonsumsi junk food berlebihan.

Categories: kuliner

Leave A Reply

Your email address will not be published.